Senin, 21 Januari 2019

Contoh RPP Tema 1 Sub Tema 1 Pembelajaran 1 Kelas V Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan          :     SDN 101874 Tumpatan Nibung
Kelas / Semester              :     V / 1
Tema 1                             :     Organ Gerak Hewan dan Manusia
Sub Tema 1                      :     Organ Gerak Hewan
Pembelajaran Ke            :     1
Alokasi Waktu                 :     1 x Pertemuan (6 x 35 menit)



A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran Agama yang dianutnya.
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru.
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah.
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD) & INDIKATOR
Bahasa Indonesia

Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
3.1.1        Menentukan ide pokok setiapparagraf dalam bacaan
4.1 Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan, tulis, dan visual.
4.1.1        Mengembangkan ide pokok menjadi sebuahparagraf

IPA
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
3.1 Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara kesehatan alat gerak manusia.
3.1.1        Menyebutkan alat gerak hewan dan manusia
4.1 Membuat model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
4.1.1    Menyebutkan pengertian, fungsi, dan caramenentukan ide pokok bacaan

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
¡  Dengan membaca teks tentang organ gerak hewan dan manusia, siswadapat menyebutkan alat gerak hewan dan manusia secara benar.
¡  Dengan kegiatan membaca, siswa dapat menentukan ide pokok setiapparagraf dalam bacaan secara tepat.
¡  Dengan menulis, siswa dapat mengembangkan ide pokok menjadi sebuahparagraf secara runtut.
¡  Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan pengertian, fungsi, dan caramenentukan ide pokok bacaan secara percaya diri.

v    Karakter siswa yang diharapkan :          Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong Royong
Integritas
D.    MATERI PEMBELAJARAN
¡  Membaca bacaan tentang organ gerak hewan dan manusia.
¡  Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.
¡  Menulis dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.
¡  Berdiskusi menyebutkan pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.

E.     PENDEKATAN & METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan        : Saintifik
¡  Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
§  Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing.Religius
§  Guru mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
§  Menginformasikan tema yang akan dibelajarkan yaitu tentang ”Organ Gerak Hewan”.Gotong Royong
§  Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengomunikasikan dan menyimpulkan.
15 menit
Inti
§  Pada awal pembelajaran, guru mengondisikan siswa secara klasikaldengan mendeskripsikan ilustrasi gambar dan percakapan yangmerangkum kompetensi-kompetensi yang akan dipelajari.Communication
§  Siswa mengamati gambar dan percakapan tentang organ gerak hewandan manusia.Mandiri
§  Biarkan siswa mengamati dan menganalisa gambar dan percakapansecara cermat.

Catatan:
1. Eksplorasi: Ajarkan siswa untuk mengeksplorasi gambar secaracermat untuk menggali informasi.
2. Pengumpulan Data: Ajarkan siswa sehingga terbiasa untukmengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melaluikonsep pelaporan tertulis.
3. Komunikasi: Rangsang keingintahuan siswa dengan dialoginteraktif.

Hasil yang Diharapkan
-     Siswa terangsang untuk ingin tahu dan mempelajari lebih lanjut tentang organ gerak hewan dan manusia.
-     Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap organ gerak.
·         nit
Ayo Membaca
§  Siswa membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan.Literasi
Alternatif kegiatan membaca:
1. Guru memberikan waktu selama 5 menit dan siswa diminta membacadalam hati.
2. Guru menunjuk satu siswa untuk membacakan bacaan tersebut danmeminta siswa lain menyimak.
3. Bacaan tersebut dibaca secara bergantian dan bersambung oleh seluruhsiswa.
§  Hasil yang diharapkan
-       Siswa gemar membaca.
-       Siswa memiliki keterampilan untuk menggali informasi dari sebuahbacaan.
-       Melalui bacaan, siswa dapat mengetahui organ gerak manusia danhewan.
§  Selesai membaca, siswa mencari dan menentukan ide pokok tiap paragrafdari bacaan yang telah dibacanya.Mandiri
§  Alternatif jawaban
1.      Paragraf 2: Gerak pada manusia dan hewanmenggunakan organ geraktersusun dalam sistem gerak.
2.      Paragraf 3: Organ gerak manusia dan hewan memiliki kesamaan yaknitulang dan otot.
  1. Paragraf 4: Tulang merupakan alat gerak pasif.
  2. Paragraf 5: Otot merupakan alat gerak aktif.
§  Hasil yang diharapkan
-       Siswa memiliki keterampilan berbahasa Indonesia dengan baik danbenar khususnya dalam memahami bacaan dan menentukan ide pokokbacaan.
-       Siswa mampu menentukan ide pokok bacaan.
Ayo Menulis
§  Pada kegiatan: Ayo Menulis, secara mandiri siswamencoba membuatparagraf berdasarkan ide pokok yang telah ditentukan.Mandiri
§  Alternatif Jawaban
1.      Paragraf 1: Organ gerak manusia danhewan terdiri dari dua macam. Adaorgan gerak pasif, yakni tulang. Adajuga organ gerak aktif, yakni otot.Tulang dan otot memiliki fungsi masing-masingdalam sistem gerak manusiadan hewan.
2.      Paragraf 2: Organ gerak banyak sekalifungsinya. Dengan organ gerak, kitadapat melakukan gerakan-gerakan dalamkegiatan sehari-hari. Misalnya, berjalan,berlari, memanjat, memegang, berenang,menggenggam, menoleh, dan lain-lain.
3.      Paragraf 3: Tanpa organ gerak manusiatidak akan bisa melakukan gerakan apaapa.Manusia tidak akan bisa melakukan aktivitas sehari-hari. Hal tersebutdikarenakan organ gerak adalah sistem yang meneruskan perintah dari otakdalam mengendalikan gerakan-gerakan, baik gerakan-gerakan spontankarena adanya rangsangan dari luar maupun gerakan-gerakan terencana.
§  Hasil yang diharapkan
-       Siswa memiliki keterampilan mengembangkan ide pokok menjadisebuah paragraf.
-       Siswa mengetahui fungsi organ gerak.
-       Siswa dapat mandiri, bertanggung jawab, serta tekun dalammengerjakan tugas
§  Ayo Berdiskusi
§  Siswa membentuk kelompok untukberdiskusi tentang pengertian, fungsi, dancara menentukan ide pokok bacaan.Collaboration
§  Hasil yang diharapkan
-       Siswa memahami pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokokdari sebuah bacaan.
-       Siswa mampu mengembangkan sikap kerja sama dalam kelompok sertamenghargai pendapat orang lain.
§  Pada kegiatan Ayo Berdiskusi, secara mandiri siswa membuat kesimpulanhasil diskusi.Critical Thinking and Problem Solving
§  Cara membuat kesimpulan dengan mencatat dan memerhatikan semuapendapat yang disampaikan dalam diskusi kemudian membandingkanpendapat-pendapat tersebut.Gotong Royong
§  Setelah membandingkan, carilah pendapat yang banyak didukung olehpeserta diskusi dan yang dirasa mendekati kebenaran.Creativity and Innovation
§  Siswa meminta penguatan kepada guru mengenai kesimpulan yang telahdiambil.
§  Siswa diberikan kesempatan untuk bertaya dan memberikan tanggapan.
§  Hasil yang diharapkan
-       Siswa memahami konsep dan memiliki ketrampilan untukmenyimpulkan suatu kejadian atau peristiwa.
-       Kemandirian dalam mengerjakan tugas serta kepekaan dan berpikirkritis.
§  Dengan bantuan orang tuanya, siswamengamati hewan-hewan yang adadi sekitar tempat tinggalnya. Siswamengidentifikasi organ gerak hewan-hewantersebut.Integritas
Hasil yang diharapkan
-       Mengetahui organ gerak hewan.
-       Menambah rasa ingin tahu.
-       Kerja sama.
-       Keterampilan mengumpulkan danmengolah data atau informasi melalui kegiatan pengamatan.

Penutup
§  Bersama-sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar selama sehariIntegritas
§  Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari (untuk mengetahui hasil ketercapaian materi)
§  Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah diikuti.
§  Melakukan penilaian hasil belajar
§  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)Religius
15 menit



G.    PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN
Bentuk Instrumen Penilaian
1. Sikap
a. Disiplin
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang Dinilai
Catatan Guru

Datang Tepat Waktu
Mengerjakan Tugas Tepat Waktu
Tertib dalam Pembelajaran
Berseragam Lengkap
Melaksanakan Piket
Mengembalikan
Pinjaman
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB
dan PB
1














2














3














4














5














6














7














8














9














10















b. Tanggung Jawab
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang Dinilai
Catatan Guru

Menyelesaikan
Tugas
Belajar
Melaksanakan
Kebersihan
Mengerjakan
Tugas
PR
Memberi
Pemecahan
Masalah
Membuat
Laporan
Memberikan
Santunan
Sosial
Menyelesai-kan
Tugas
Belajar
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB
dan PB
1
















2
















3
















4
















5
















6
















7
















8
















9
















10

















c. Peduli
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang Dinilai
Catatan Guru

Perhatian
kepada
Teman
Membantu
Teman
Ingin
Tahu Kesulitan
Teman
Menjenguk
Teman
Merawat
Lingku-ngan
Meminjam-kan
Alat
Belajar
Melerai
Teman
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB
dan PB
1
















2
















3
















4
















5
















6
















7
















8
















9
















10

















d. Percaya Diri
No
Nama Siswa
Aspek Sikap yang Dinilai
Catatan Guru

Berani
Tampil
Berani
Mencoba
Berani
Berpendapat
Berani
Memimpin
Menyampaikan
Kritik
Memperta-
hankan
Pendirian
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
SB
PB
Banyaknya SB
dan PB
1














2














3














4














5














6














7














8














9














10


















2. Pengetahuan
Siswa mengerjakan soal-soal latihan tertulis, remedial, dan pengayaan
pada buku siswa.
Format Penilaian
Nama Siswa
Hasil Penilaian Pengetahuan
Aspek 1
Aspek 2
Tercapai
(ü)
Belum
Tercapai
(ü)
Tercapai
(ü)

Belum
Tercapai
(ü)


















































Keterangan:
1. Aspek 1: Menyebutkan organ gerak pada hewan dan manusia
2. Aspek 2: Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis

3. Keterampilan
Penilaian Unjuk Kerja
a.       Rubrik Menulis Berdasarkan Pengamatan Gambar
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Isi dan
Pengetahuan:
Hasil yang ditulis
sesuai dengan
kejadian atau
peristiwa yang
tampak pada
gambar yang
diamati.
Keseluruhan
jawaban yang
ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati
dan benar
mengelompokkan
jawabannya.
Keseluruhan
jawaban yang
ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati dan
sebagian besar
benar dalam
mengelompokkan
jawabannya.
Sebagian besar
jawaban yang
ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati dan
sebagian besar
benar dalam
mengelompokkan
jawabannya.
Hanya sebagian
keciljawaban
yang ditulis siswa
sesuai dengan
gambar yang
diamati dan
hanya sebagian
kecil benar dalam
mengelompokkan
jawabannya.
Penggunaan
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar: Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dalam penulisan
ringkasan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dan
menarik dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan.



Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian kecil
penulisan.
Keterampilan
Penulisan:
Tulisan hasil
pengamatan
dibuat dengan
benar, sistematis
dan jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Keseluruhan hasil
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas.
Keseluruhan
hasil penulisan
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.



Sebagian besar
hasil penulisan
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang.
Hanya sebagian
kecil hasil
penulisan
penulisan hasil
pengamatan
yang sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu teru


b.      Mencari ide pokok bacaan
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Ketepatan
Menemukan
keseluruhan ide
pokok dengan
tepat.
Hampir semua
ide pokok
ditemukan
dengan tepat.
Ada beberapa ide
pokok yang tidak
tepat.
Sebagian ide
pokok yang
ditemukan tidak
tepat.
Menunjukkan
Bukti Pendukung
Mampu
menunjukkan
bukti pendukung,
Mampu
menunjukkan
hampir semua
bukti pendukung.
Ada beberapa
bukti pendukung
yang ditunjukan
tidak tepat.



Sebagian besar
bukti pendukung
yang ditunjukkan
tidak tepat.
Waktu
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan sangat
cepat.
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan cepat
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan cukup
cepat.
Keseluruhan ide
pokok ditemukan
dengan sangat
lambat
Keterampilan
Penulisan:
Ringkasan
dibuat dengan
benar, sistematis
dan jelas, yang
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Keseluruhan
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
sangat baik, di
atas rata-rata
kelas.
Keseluruhan
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
baik.
Sebagian besar
hasil penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan
yang terus
berkembang.
Hanya sebagian
kecil hasil
penulisan
ringkasan yang
sistematis
dan benar
menunjukkan
keterampilan
penulisan yang
masih perlu terus
ditingkatkan.

c. Menuliskan Ide Pokok dari Bacaan
Aspek
Baik Sekali
Baik
Cukup
Perlu Bimbingan
4
3
2
1
Rumusan ide
pokok: Ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat (Subjek +
Predikat)
Keseluruhan ide
pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
Hampir semua
ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.
Sebagian besar
ide pokok ditulis
dalam bentuk
kalimat.


Hanya sebagian
kecil ide pokok
ditulis dalam
bentuk kalimat.


Penggunaan
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar: Bahasa
Indonesia yang
baik dan benar
digunakan
dalam penulisan
ringkasan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dan
menarik dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan
efisien dalam
keseluruhan
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian besar
penulisan.
Bahasa Indonesia
yang baik dan
benar digunakan
dengan sangat
efisien dalam
sebagian kecil
penulisan.
Ketepatan: Ide
pokok yang ditulis
benar dan sesuai
dengan bacaan.
Keseluruhan
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.
Hampir
keseluruhan
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.
Sebagian besar
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.
Sebagian kecil
ide pokok yang
ditulis benar dan
sesuai dengan
bacaan.

Remedial
Organ gerak hewan
Alat Gerak
Namanya
Fungsinya
Pasif


Aktif





Pengayaan
Coba amati kegiatanmu sehari-hari.
1. Tunjukkan gerakan dalam kegiatanmu sehari-hari yang memanfaatkan kerja organ gerak:
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Apakah yang akan terjadi jika organ gerakmu tidak dapat bekerja sebagai mestinya?
................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Penilaian
Teknik Penilaian:
1. Penilaian Sikap: Percaya diri, peduli, tanggung jawab, disiplin
2. Penilaian Pengetahuan: tes tertulis
3. Penilaian Keterampilan: uji unjuk kerja



H.    SUMBER DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
-    Buku Siswa Tema : Organ Gerak Hewan dan Manusia Kelas V (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
-    Buku, teks bacaan organ gerak hewan dan manusia, gambar tentang organgerak hewan dan manusia


Mengetahui,                                                                       Tumpatan Nibung, 16 Juli 2018
Kepala SD Negeri 101874 T.Nibung                                 Guru Kelas Kelas V-A



( BAHARUDDIN, S.Pd. )                                                (WANDA ARI REBOWO, M.Pd.)
NIP. 197009151992031010                                       NIP. 19880531 201001 1 007


Tidak ada komentar:

Posting Komentar