SILABUS
TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Nama Sekolah : SDN
101874 Tumpatan Nibung
Kelas / Semester : V
/ 1
Tema 1 : Organ
Gerak Hewan dan Manusia
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
SUB TEMA 1 PB 1
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
Menentukan ide pokok setiap paragraf dalam
bacaan.
Menulis dan mengembangkan ide pokok
menjadi sebuah paragraf.
Berdiskusi menyebutkan pengertian, fungsi,
dan cara menentukan ide pokok bacaan.
|
§
Mencari dan menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang
telah dibacanya.
§ Mencoba membuat paragraf berdasarkan ide
pokok yang telah ditentukan
§ Berdiskusi tentang pengertian, fungsi, dan cara menentukan ide pokok bacaan.
|
IPA
|
||
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara memelihara
kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
Membaca bacaan tentang organ gerak hewan
dan manusia.
|
§
Membaca bacaan berjudul Organ Gerak Manusia dan Hewan
§ Mengetahui organ gerak manusia dan
hewan.
§ Mengetahui fungsi organ gerak.
§ Mengidentifikasi organ gerak hewan-hewan
|
SUB TEMA 1 PB 2
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
Membaca bacaan gerakan ikan dalam air.
|
§ Membaca teks
tentang Gerak Ikan di Air.
§
Menuliskan ide pokok dari masing-masing paragraf.
|
IPA
|
||
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
Mengamati rangka organ gerak kelinci,
burung, katak, ikan, dan kadal.
|
Mengamati rangka organ gerak tulang pada hewan
vertebrata beserta fungsi-fungsinya.
Memahami organ gerak hewan vertebrata.
Mencermati langkah-langkah kerja dan contoh yang
ada pada buku siswa.
|
SBdP
|
||
3.1 Memahami
gambar cerita.
4.1 Membuat
gambar cerita.
|
Mengamati gambar cerita tentang kelinci.
Menceritakan gambar tentang kelinci.
|
§ Setelah memahami
tentang gambar cerita, siswa mengamati rangkaian gambar untuk kemudian menyusun menjadi sebuah cerita.
§
Guru memberikan kebebasan kepada siswa untuk
berimajinasi dalam mengartikan
gambar.
|
SUB TEMA 1 PB 3
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡
Menentukan
ide pokok dari cerita teman
|
§ Menemukan dan menuliskan ide pokok tiap paragraf.
|
PPKn
|
||
1.1 Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
2.1 Bersikap
tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila
Pancasila.
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
|
¡
Mengidentifikasi
sikap-sikap yang sesuai denga nilai-nilai yang terkandung dalam sila
Pancasila.
¡
Menganilisa
sikap-sikap yang sesuai dengan sila-sila pancasila.
|
§
Membaca teks tentang nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila
§
Menganalisis sikap-sikap yang sesuai dengan
sila-sila pancasila.
|
IPS
|
||
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi
karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/maritim dan
agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi.
|
Menemukan contoh perubahan alam yang
diakibatkan karena perilaku manusia.
|
§
Menyebutkan luas dan letak wilayah Indonesia
§
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara
kepulauan/maritim dan agraris
|
SUB TEMA 1 PB 4
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡
Menemukan
ide pokok bacaan.
|
§
Membaca teks yang berjudul Gotong Royong
Modal Dasar Pembangunan.
§
Mencari dan menyebutkan ide pokok dari
masing-masing paragraf.
|
PPKn
|
||
1.1 Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
2.1 Bersikap
tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila
Pancasila.
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
|
¡
Mengidentifikasi
perilaku-perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam
sila-sila Pancasila.
|
¡
Mengidentifikasi
perilaku-perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam
sila-sila Pancasila.
¡
Membaca
bacaan mengenai perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai luhur dalam sila-sila
Pancasila yaitu gotong royong.
|
IPS
|
||
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai
negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
|
¡
Mengidentifikasi
kondisi geografis pulau-pulau di Indonesia.
¡
Menyebutkan
kondisi geografis wilayah Indonesia.
|
§
Menuliskan kondisi geografis pulau-pulau
besar di Indonesia.
§
Setelah
mengetahui kondisi geografis masing-masing pulau di Indonesia, siswa membuat kesimpulan
mengenai kondisi geografis Indonesia secara umum.
§
Selesai
membuat informasi tentang kondisi geografis wilayah Indonesia dan pulau-pulau
yang ada di Indonesia, siswa membuat gambar peta wilayah tempat tinggalnya.
|
SUB TEMA 1 PB 5
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡
Menentukan
ide pokok dari bacaan.
|
§
Membaca teks berjudul "Siput
Bukanlah Hewan Lemah".
§
Menentukan dan menuliskan ide pokok masing-masing paragraf dari
bacaan secara mandiri.
|
IPA
|
||
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
¡
Menentukan
perbedaan hewan vertebrata dan avertebrata.
¡
Membuat
model hewan avertebrata dari plastisin.
|
§ Memerhatikan gambar kelinci yang merupakan hewan vertebrata dan hewan siput yang
merupakan hewan avertebrata.
§ Menuliskan perbandingan karakteristik kelinci dengan siput.
§
Mengamati rangka organ gerak berbagai hewan
avertebrata secara seksama.
§ Mengidentifikasi organ gerak hewan avertebrata beserta fungsinya.
|
SBdP
|
||
3.1 Memahami
gambar cerita.
4.1 Membuat
gambar cerita.
|
¡
Membuat
gambar ilustrasi sesuai teks bacaan.
|
§
Mempelajari beberapa hal mengenai beragam gaya
gambar dan ilustrasi
§
Membuat gambar ilustrasi yang bisa mewakili isi dan
informasi bacaan berjudul "Siput Bukanlah Hewan Lemah" dengan gaya atau corak
yang telah dipelajari.
|
SUB TEMA 1 PB 6
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡
Menyusun
cerita dengan menentukan ide pokok terlebih dahulu.
¡
Menemukan
ide pokok masing-masing paragraf.
|
§ Membaca teks Gerak Kupu-Kupu.
§ Mencari dan menuliskan ide pokok bacaan.
|
IPA
|
||
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
¡
Menyebutkan
organ gerak hewan vertebrata dan hewan avertebrata.
|
§ Membandingkan organ gerak hewan vertebrata dan hewan avertebrata
|
SBdP
|
||
3.1 Memahami
gambar cerita.
4.1 Membuat
gambar cerita.
|
¡
Menggali
informasi dari bacaan untuk dituangkan ke dalam bentuk gambar cerita.
|
§ Setelah mengamati gambar, siswa menyusun cerita
berdasarkan gambar.
§ Kegiatan menyusun cerita ini diawali dengan menentukan
ide pokoknya terlebih dulu.
|
SUB TEMA 2 PB 1
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan
dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡
Menentukan
ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.
|
¡
Membaca
bacaan tentang kegiatan bersepeda dan manfaatnya.
¡
Menentukan
ide pokok setiap paragraf dalam bacaan.
¡
Menulis
dan mengembangkan ide pokok menjadi sebuah paragraf.
|
IPA
|
||
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
¡
Mengamati
gambar yang berkaitan dengan aktivitas yang memanfaatkan kerja organ gerak
manusia.
|
§
Mengisi tabel mengenai kompetensi yang
sudah dipelajari, berkaitan dengan aktivitas fisik yang berkaitan dengan organ gerak.
|
SUB TEMA 2 PB 2
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan
dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡
Mengolah
informasi dari bacaan dan menentukan ide pokok dari setiap paragraf.
|
§
Membaca teks tentang Penyandang Cacat yang Sukses.
¡
Menentukan ide pokok dari setiap
paragraf.
|
IPA
|
||
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
¡
Organ gerak manusia.
|
¡
Mengamati
gambar tulang sebagai salah satu organ gerak manusia.
¡
Menyebutkan
dan menunjukkan berbagai jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia.
¡
Diskusi
untuk memahami fungsi masing-masing tulang pada
manusia.
|
SBdP
|
||
3.1 Memahami
gambar cerita.
4.1 Membuat
gambar cerita.
|
¡
Berkreasi
membuat sampul buku.
|
§
Menjelaskan salah satu jenis gambar ilustrasi, yaitu gambar
cover.
§
Memahami arti dan unsur-unsur gambar cover.
§
Mencoba membuat gambar cover berdasarkan bacaan yang berjudul Penyandang Cacat yang Sukses.
|
SUB TEMA 2 PB 3
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan
dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡
Wawancara
keberagaman penduduk di daerah tempat tinggalnya.
¡
Membaca
dan menulis untuk menentukan ide pokok dari bacaan.
|
§ Melakukan wawancara terhadap orang tua, perangkat RT dan RW, Kepala desa, atau
tokoh masyarakat untuk menggali informasi tentang keberagaman penduduk di lingkungan
tempat tinggalnya.
§ Membaca bacaan berjudul Kerukunan
Umat Beragama di Indonesia.
§ Mencari dan menentukan ide
pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya
|
PPKN
|
||
1.1 Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
2.1 Bersikap
tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila
Pancasila.
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
|
¡
Mengamati
peta asal suku-suku bangsa yang ada di Indonesia.
¡
Diskusi
tentang daerah-daerah persebaran agama di Indonesia pada peta.
|
§ Berdiskusi membandingkan
nikai-nilai luhur setiap sila
dalam Pancasila.
|
IPS
|
||
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai
negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
|
¡
Mengidentifikasi
potensi kekayaan alam bangsa Indonesia.
¡
Mengamati
peta kepadatan penduduk tiap-tiap provinsi.
|
§ Mengamati gambar peta tentang kepadatan penduduk di Indonesia.
§ Memberikan penjelasan mengenai kepadatan penduduk di Indonesia.
§ Bertanya dan memberikan
tanggapan terhadap penjelasan
guru.
§ Menjawab pertanyaan pada buku siswa yang berkaitan dengan peta yang sudah diamatinya.
|
SUB TEMA 2 PB 4
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan
dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡ Dapat menemukan ide pokok bacaan.
|
§
Membaca bacaan berjudul Beragamnya Flora
dan Fauna Indonesia.
§
Memahami bacaan dan menentukan ide pokok bacaan.
§
Menentukan ide pokok
bacaan
|
PPKN
|
||
1.1 Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
2.1 Bersikap
tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila
Pancasila.
3.1
Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
|
¡ Mengidentifikasi perilaku yang sesuai
dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
|
§
Mengamati gambar-gambar yang menujukkan
perilaku orang-orang yang sesuai dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
§
Mengidentifikasi dan
mengklasifikasikan perilaku
yang nampak pada gambar sesuai ataukah tidak sesuai dengan nilai-nilai
Pancasila.
|
IPS
|
||
3.1 Mengidentifikasi karakteristik geografis
Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim dan agraris serta pengaruhnya
terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai
negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
|
¡ Kenampakan alam buatan dan kenampakan alam.
|
¡ Mengamati gambar kenampakan alam buatan
dan kenampakan alam.
¡ Menyebutkan bentang alam masing-masing
pulau besar di Indonesia.
¡ Memahami kondisi iklim di Indonesia.
¡ Mengidentifikasi keragaman flora dan
fauna di Indonesia.
|
SUB TEMA 2 PB 5
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan
dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡ Menentukan ide pokok dari masing-masing
paragraf.
|
§
Membaca teks berjudul "Otot
Manusia".
§
Menentukan dan menuliskan ide pokok masing-masing paragraff dari
bacaan secara mandiri.
|
IPA
|
||
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
¡ Mengidentifikasi manfaat fungsi dan
macam-macam otot manusia.
|
§
Menyebutkan letak dan wujud jenis-jenis otot yang terdapat pada tubuh
manusia.
§
Membuat model sederhana rangka otot
manusia dengan menggunakan bahan kawat.
§
Mempelajari fungsi macam-macam otot manusia beserta fungsinya.
§
Mengamati rangka otot sebagai salah satu organ
gerak manusia.
|
SBdP
|
||
3.1 Memahami
gambar cerita.
4.1 Membuat
gambar cerita.
|
¡ Membuat model sederhana dengan bahan
styrofoam.
|
§
Menjelasakan ragam desain gambar cover dengan
mengunakan peraga contoh gambar cover.
§
Membuat gambar cover
bacaan yang berjudul Otot Manusia sesuai dengan imajinasi dan kreativitasnya
masingmasing.
|
SUB TEMA 2 PB 6
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1 Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan
dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡ Menemukan ide pokok masing-masing
paragraf.
|
§
Membaca bacaan "Ade Rai, Binaragawan
Perkasa Indonesia".
§
Mencari dan menuliksan ide pokok bacaan.
|
IPA
|
||
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
¡ Menyebutkan macam-macam gerak otot.
¡ Membuat model sederhana dengan bahan
styrofoam.
|
§
Mengamati gambar dan mengidentifikasi
bermacam-macam gerak
§
Membuat model sederhana organ gerak manusia. Model sederhana ini dibuat dengan styrofoam.
|
SBdP
|
||
3.1 Memahami
gambar cerita.
4.1 Membuat
gambar cerita.
|
¡ Membuat karya cover sesuai bacaan.
|
§
Mengingat arti, unsur, dan ragam desain gambar cover.
§
Menjelaskan arti, unsur, dan ragam desain
gambar cover.
§
Memahami arti, unsur, dan ragam desain gambar cover.
|
SUB TEMA 3 PB 1
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
§
Menentukan
ide pokok setiap paragraf dalam bacaan
|
§
Membaca bacaan berjudul "Gerabah Dari
Pulau Madura".
§
Menentukan ide pokok tiap paragraf dari
bacaan yang telah dibacanya. Siswa menulis bacaan berdasarkan ide-ide pokok yang ada pada buku siswa.
|
IPA
|
||
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
¡ Menyebutkan dan menunjukkan berbagai
jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia.
¡ Membuat model penderita kelainan tulang.
|
§ Mengamati gambar dan
membaca penjelasan kelainan organ gerak tulang
manusia.
§
Membuat model sederhana gangguan atau kelainan organ gerak manusia dari bahan tanah liat.
|
SUB TEMA 3 PB 2
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡ Mengolah informasi dari bacaan dan
menentukan ide pokok dari setiap paragraf.
|
§ Membaca teks
tentang "Posisi dan Sikap Duduk yang Benar dan Sehat".
§ Menuliskan ide
pokok dari masingmasing paragraf.
|
IPA
|
||
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
¡ Menyebutkan dan menunjukkan berbagai
jenis tulang sebagai organ gerak pada manusia.
¡ Membuat model penderita kelainan tulang.
|
§ Mengamati gambar dan
membaca penjelasan kelainan organ gerak tulang
manusia.
§
Membuat model sederhana gangguan atau kelainan organ gerak manusia dari bahan tanah liat.
|
SBdP
|
||
3.1 Memahami
gambar cerita.
4.1 Membuat
gambar cerita.
|
¡ Mengamati gambar berbagai kelainan
tulang sebagai salah satu organ gerak manusia.
|
§ Mengamati contoh gambar cerita (komik)
berdasarkan bacaan.
§ Menarik
kesimpulan tentang gambar komik berdasarkan hasil pengamatannya terhadap contoh.
§ Merumuskan
pengertian komik secara bersama-sama.
§ Mencoba
membuatnya dengan memilih
salah satu tema yang telah ditentukan pada buku siswa.
|
SUB TEMA 3 PB 3
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡ Membaca dan menulis, serta menentukan
ide pokok dari bacaan.
|
§ Membaca bacaan
berjudul Kejayaan Bahari Masa Lalu
§ Mencari dan
menentukan ide pokok tiap paragraf dari bacaan yang telah dibacanya.
|
PPKN
|
||
1.1 Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
2.1 Bersikap
tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila
Pancasila.
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
¡ Membuat laporan tentang perilaku yang
seusai dengan nilai-nilai Pancasila.
|
§ Menyebutkan perilaku-perilaku yang
mencerminkan kesatuan
sila-sila Pancasila
§ Mengidentifikasikan perilaku-perilaku yang
mencerminkan kesatuan
sila-sila Pancasila.
|
IPS
|
||
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/
maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial,
budaya, komunikasi serta transportasi.
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara
kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi,
sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
|
¡ Mengidentifikasi potensi kekayaan alam
bangsa Indonesia.
|
§
Mengidentifikasi kekayaan
sumber daya alam dan manusia yang dimiliki
oleh bangsa Indonesia seerta
pengaruh kondisi geografis Indonesia
sebagai Negara maritim terhadap
kehidupan ekonomi masyarakat
§
Menyebutkan berbagai jenis pekerjaan yang berkaitan dengan pemanfaatan
sumber daya laut.
§
Membuat
kliping pengaruh kondisi geografis bangsa Indonesia sebagai negara maritim
dan kepulauan terhadap kondisi sosial dan ekonomi masyarakat.
|
SUB TEMA 3 PB 4
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡ Menemukan ide pokok bacaan.
|
§ Membaca teks tentang "Kapal Phinisi, Kapal Penjelajah Dunia".
§ Menuliskan ide pokok
dari masing-masing
paragraf.
|
PPKN
|
||
1.1 Bersyukur
kepada Tuhan Yang Maha Esa atas nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.
2.1 Bersikap
tanggung jawab, cinta tanah air, dan rela berkorban sesuai nilai-nilai sila
Pancasila.
3.1 Mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila dalam
kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan hasil identifikasi nilai-nilai
Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.
|
¡ Mengidentifikasi perilaku yang sesuai
dan tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
|
§ Mengamati perilaku
orang-orang di sekitarnya yang
menujukkan perilaku orang-orang yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila
§
Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan
perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.
|
IPS
|
||
3.1
Mengidentifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai negara kepulauan/ maritim
dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan ekonomi, sosial, budaya,
komunikasi serta transportasi.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi karakteristik geografis Indonesia sebagai
negara kepulauan/maritim dan agraris serta pengaruhnya terhadap kehidupan
ekonomi, sosial, budaya, komunikasi serta transportasi.
|
¡ Mengidentifikasi pengaruh kondisi
geografis Indonesia terhadap budaya masyarakat.
|
§ Membaca bacaan
berjudul "Pengaruh Kondisi Geografis Indonesia sebagai Negara Maritim terhadap Budaya Masyarakat'.
§ Mengidentifikasi
dan mengklasifikasikan
gambar-gambar tersebut ke
dalam budaya asli Indonesia dan budaya hasil percampuran dari negara lain.
|
SUB TEMA 3 PB 5
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1 Menyajikan
hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara lisan,
tulis, dan visual.
|
¡ Menentukan ide pokok dari masing-masing
paragraf.
|
§ Membaca teks
berjudul "Salah Bantal".
§
Menentukan dan menuliskan ide pokok masing-masing paragraf dari bacaan secara
mandiri.
|
IPA
|
||
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
¡ Mengidentifikasi macam-macam kelainan,
gangguan, atau penyakit pada otot.
|
§ Mengamati kelainan
otot rangka sebagai salah satu
organ gerak manusia.
§
Menjelaskan tentang macam-macam
kelainan, gangguan, dan jenis-jenis penyakit
otot yang ada pada rangka tubuh manusia.
|
SBdP
|
||
3.1 Memahami
gambar cerita.
4.1 Membuat
gambar cerita.
|
¡ Membuat komik.
|
§ Menjelaskan
secara interaktif mengenai ciri-ciri komik.
§
Memahami ciri-ciri komik.
§
Membuat komik tentang gerakangerakan yang dapat menyebabkan gangguan atau kelainan
pada otot manusia sesuai
dengan imajinasi dan kreativitas
|
SUB TEMA 3 PB 6
|
||
Bahasa Indonesia
|
||
3.1
Menentukan pokok pikiran dalam teks lisan dan tulis.
4.1
Menyajikan hasil identifikasi pokok pikiran dalam teks tulis dan lisan secara
lisan, tulis, dan visual.
|
¡ Menemukan ide pokok masing-masing
paragraf.
|
§ Membaca bacaan
berjudul "Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor".
§ Mencari dan
menuliskan ide pokok bacaan.
|
IPA
|
||
3.1
Menjelaskan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia serta cara
memelihara kesehatan alat gerak manusia.
4.1 Membuat
model sederhana alat gerak manusia dan hewan.
|
¡ Menyebutkan macam-macam gerak otot.
|
§ Mengingatkan
kembali akan pentingnya
menjaga kesehatan organ gerak.
§ Mengamati gambar
dan mengidentifikasi
akibat-akaibat yang timbul karena
melakukan gerakan-gerakan yang nampak seperti pada gambar.
|
SBdP
|
||
3.1 Memahami
gambar cerita.
4.1 Membuat
gambar cerita.
|
¡ Menggambar gambar cerita.
¡ Menggambar komik sesuai teks.
|
§ Mengingat arti,
unsur, dan ragam desain
gambar komik.
§ Menjelaskan arti,
unsur, dan ragam desain gambar komik.
§ Memahami
pengertian, dan ciri-ciri gambar komik.
§ Membuat gambar komik berdasarkan
bacaan yang berjudul
"Bocah Terkuat di Dunia Pecahkan Rekor".
|
Mengetahui, Tumpatan Nibung, 16 Juli 2018
Kepala SD Negeri
101874 T.Nibung Guru Kelas Kelas V-A
( BAHARUDDIN, S.Pd.
) (WANDA ARI REBOWO, M.Pd.)
NIP. 197009151992031010 NIP. 19880531 201001 1 007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar